Inilah 8 Perbedaan Olahraga Bulu Tangkis dan Tenis

Inilah 8 Perbedaan Olahraga Bulu Tangkis dan Tenis Lapangan

Siapa di sini yang menyukai olahraga bulu tangkis atau tenis lapangan? Atau malah menyukai keduanya? Kedua olahraga tersebut terlihat mirip. Karena sama-sama menggunakan raket untuk memukul dan jaring sebagai net untuk membatasi kedua pemain.

Olahraga bulu tangkis dan tenis lapangan dalam permainannya sama-sama menggunakan raket untuk memukul bola dan shuttlecock. Tenis merupakan permainan yang bisa dilakukan dengan memukul bola menggunakan raket dan harus melewati net atau jaring sebagai batas antar dua buah pemain.

Sedangkan badminton atau bulu tangkis dimainkan dengan menggunakan raket untuk memukul shuttlecock atau biasa disebut kok yang harus melewati net atau jaring yang fungsinya sama seperti tenis yakni membatasi anta kedua pemain.

Jika dilihat dari pengertian di atas, perbedaaan keduanya hanya terletak pada benda yang dipukul. Bulu tangkis menggunakan kok sedangkan tenis lapangan menggunakan bola yang berukuran kecil.

Namun, apakah kalian tahu sebenarnya tenis lapangan dengan bulu tangkis mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Untuk mengetahui perbedaannya, simak penjelasannya berikut ini.

Lapangan

1. Untuk ukuran lapangan pada tenis lapangan adalah panjang lapangan sekitar 78 kaki atau 23 meter sedangkan untuk ukuran lapangan bulu tangkis adalah panjang lapangan sekitar 44 kaki atau 13 meter.

2. Lebar lapangan untuk tenis lapangan sekitar 36 kai atau 10 meter dan lebar lapangan untuk bulu tangkis sekitar 20 kaki atau 6 meter.

3. Tinggi jaring untuk tenis lapangan adalah 36 inci dari atas permukaan lapangan serta 42 inci dari tiang jaring. Tinggi keduanya berkisar 1 meter sedangkan tinggi jaring untuk bulu tangkis adalah 60 inci dari atas permukaan lapangan serta 42 inci dari tiang jaring. Tinggi keduanya berkisar 1,5 meter.

Peralatan yang Dipakai Tenis Lapangan dan Bulu Tangkis

Peralatan yang Dipakai Tenis Lapangan dan Bulu TangkisĀ 

4. Untuk peralatan yang di pakai tenis lapangan ialah raket. Kepala raket lebih besar dan lebih berat. Bagian jaringnya lebih besar dibanding bulu tangkis. Sedangkan untuk raket bulu tangkis, kepala raket serta bagian pegangannya lebih kecil dibandingkan raket tenis.

5. Berat raket untuk tenis lapangan sekitar 9 ons atau sekitar 255 gram hingga 13 ons atau sekitar 368 gram. Sedangkan berat raket bulu tangkis kurang dari 100 gram atau hanya sekitar 3,5 ons.

6. Bola tenis biasanya dilapisi dengan kain flanel sedangkan bulu tangkis menggunakan kok atau shuttlecock yang berbentuk mengkerucut dengan bagian ujungnya terbuka.

Format pertandingan

7. Untuk tenis lapangan membutuhkan poin terbaik dari tiga set atau babak untuk menentukan pemenangnya sedangkan untuk bulu tangkis pemenang dalam pertandingan bulu tangkis juga ditentukan dari tiga tiga set atau babak terbaik.

Format penilaian

8. Untuk tenis lapangan, Penilaian dimulai dari love atau zero point, 15, 30, 40 dan deuce sedangkan untuk bulu tangkis menggunakan single point yang bisa mencapai angka 21.

Baca artikel lainnya: Olahraga yang Paling Digemari Oleh Pria